Ingin punya banyak teman di dunia maya? Situs social network seperti Friendster, Myspace atau Facebook adalah jalur tepat. Kamu bisa melihat foto dan data-data pribadi temanmu plus memberi comment dan mengirimkan email. Tampaknya, tren pertemanan maya itu semakin meningkat. Kini muncul alternatif situs pertemanan bernama Gypsii.Platform social network buatan GeoSolutions B.V, perusahaan IT asal Amsterdam, Belanda, itu sedikit berbeda. Sistem operasinya berbasis global positioning system (GPS).Sesama pengguna bisa mengetahui lokasi teman mayanya. Fasilitas itu didukung dengan fitur geotagging. Dengan tambahan tersebut, user bisa menambahkan informasi geografis ke dalam account miliknya. Lokasi user pada profile ditampilkan dalam bentuk koordinat lintang dan ilustrasi pada peta.

Sayang, jika via PC, pelacakan hanya bisa dilakukan saat target sedang membuka account-nya (login). Halangan itu bisa diatasi jika sesama pengguna memakai aplikasi Gypsii lewat ponsel. Sebab, kapabilitas GPS dalam ponsel si user otomatis menangkap sinyal dari ponsel pengguna lain.

Dengan GPS, pemilik account Gypsii juga bisa mendeteksi tempat-tempat menarik di sekitar melalui fitur search. Bisa berdasar kategori, keyword, atau kedekatan dengan tempatnya berada.

Fitur itu dilengkapi kemampuan navigasi. Dengan demikian, user mendapatkan informasi mengenai rute menuju lokasi tersebut di layar ponsel. Itu mirip dengan perangkat navigasi untuk pengemudi kendaraan melalui sat-nav.

GeoSolutions B.V merupakan perusahaan pertama yang coba mengembangkan mobile web platform berbasis GPS. “Elemen real time location pada Gypsii menyajikan dimensi baru pada fenomena social network yang sekarang sedang marak,” ujar Dan Harple, CEO GeoSolutions.(rum/bs/kkn)

Dari : Jawa Pos