Dikarenakan banyak perangkat saat ini yang telah membenamkan fasilitas Wi-Fi, maka Bluetooth sedang menjajaki kerjasama untuk memaksimalkan kinerja keduanya. Menggabungkan keduanya dengan nama Blu-Fi akan membantu pemindahan data dengan ukuran file yang besar jauh lebih cepat dan maksimal pada perangkat gadget saat ini.

Michael Foley, Direktur Bluetooth Special Interest Group mengatakan, perangkat pertama yang akan dibenamkan fasilitas Blu-Fi ini kemungkinan baru akan dipasarkan pada pertengahan tahun nanti. Setelah sebelumnya Bluetooth telah mampu menghasilkan perpindahan data secara cepat dengan menggunakan teknologi radio, ultra-wideband di tahun 2006. Maka saat ini, Bluetooth membuat terobosan baru dalam menjajaki kerjasama dengan Wi-Fi.

Beberapa gadget seperti laptop telah memiliki kedua fasilitas tersebut pada perangkatnya, hanya saja keduanya masih bekerja secara terpisah pada 2 chips. Selanjutnya, hanya dengan satu chip saja maka penggabungan kedua fasilitas tersebut sudah langsung dapat digunakan. (lista)

Sumber : Bhinneka Post