NEW YORK (SINDO) – Warren Buffett yang dikenal sebagai investor ulung dari Amerika Serikat (AS) dan pemilik Berkshire Hathaway Inc dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia tahun ini versi majalah Forbes. Buffett menyingkirkan pendiri Microsoft dan sahabatnya sendiri,Bill Gates yang selama 13 tahun menduduki posisi puncak sebagai orang terkaya di dunia. Berdasarkan estimasi Forbes, kekayaan Buffett mencapai USD62 miliar atau sekitar Rp558 triliun.Sementara itu, Bill Gates yang memiliki kekayaan USD58 miliar berada di urutan ketiga.Gates pun kalah dari taipan asal Meksiko Carlos Slim yang mempunyai kekayaan USD60 miliar. Buffett menjadi orang paling tajir (kaya) di dunia karena secara umum jumlah kekayaannya bertambah secara cepat.

Menurut Chief Executive majalah Forbes, Steve Forbes, hal itu terjadi karena ada fluktuasi keuangan dunia yang begitu hebat. Buffett melalui perusahaannya Berkshire Hathaway Inc banyak menyedot keuntungan dari pasar bursa. ’’Ketika dia menyertakan modalnya tahun lalu di Berkshire Hathaway, sumber kekayaan utama Buffett, tahun ini jumlah kekayaannya jadi meningkat begitu pesat,”jelas Steve Forbes. Dia memprediksi kekayaan Buffett naik sekitar USD10 miliar dibandingkan akhir tahun lalu. Buffett pada Juni 2006 mengumumkan rencananya untuk memberikan 85% keuntungan yang diperolehnya kepada Yayasan Bill & Melinda Gates dan disumbangkan kepada empat keluarga lainnya. Bill Gates pun masuk sebagai direktur di Berkshire Hathaway dan menjadi sahabat setia Buffett.

Posisi Bill Gates melalui yayasan yang didirikannya memberikan andil besar bagi penambahan kekayaan Buffett. Buffett yang dikenal dengan sebutan Sage of Omaha atau Oracle of Omaha banyak mendapat pujian dari investor atas pilihan berinvestasi jangka panjang di perusahaannya dengan slogan memahami bisnis itu mudah. Dia pun mampu menguasai pasar yang besar dan dominan, konsisten memberikan gaji, dan memiliki manajemen yang kuat. Padahal awalnya, ketika mulai berinvestasi di Berkshire, Buffett hanya seorang pengusaha tekstil. Namun,pada 1965,dia berhasil mengambil alih perusahaan itu.Sejak itu, dia mentransformasikan Berkshire menjadi sebuah perusahaan induk yang menaungi 50 perusahaan, mulai perusahaan cat milik Benjamin Moore hingga perusahaan es krim Dairy Queen.

Sementara itu, Gates yang menjadi orang terkaya sejak 1995 menyingkirkan Yoshiaki Tsutsumi seorangtaipanrealestateJepang. Tsutsumi tak masuk dalam daftar orang terkaya di dunia akhir tahun lalu setelah dijatuhi hukuman penjara karena tersangkut masalah keuangan dan insider tradingpada 2005. Sementara itu,Carlos Slim merupakan mantan pelaku pasar bursa dikenalsebagaiorangyangmemiliki kemampuan jual yang hebat. Dia pandai mengubah sebuah perusahaan kecil yang tak menguntungkan menjadisebuahperusahaanyangsehat dan menghasilkan profit tinggi. Dia pun mulai membangun perusahaannya sendiri setelah melakukan privatisasi bekas perusahaan telekomunikasi negara Meksiko yang selama ini dimonopoli Telmex.

Slim melalui America Movil, pecahan dari Telmex, yang sekarang menjadi bendera bisnis utama menjadi perusahaan ponsel terbesar di Amerika Latin. Menurut Forbes, di dunia ada sekitar 1,125 miliuner dengan total kekayaan mencapai sekitar USD4,4 triliun.Jumlah miliuner dunia tahun ini meningkat dua kali lipat dibandingkan empat tahun lalu. Sementara itu,di AS ada sekitar 469 miliuner dengan jumlah kekayaan USD1,6 triliun dan sebanyak 656 miliuner berasal dari luar AS dengan total kekayaan USD2,8 triliun. Rusia menjadi negara kedua di dunia yang paling banyak memiliki miliuner dengan jumlah mencapai 78 orang.Ibu Kota Moskow dikenal sebagai kota pusat para miliuner di dunia dan mengalahkan New York, yang menjadi pusat bisnis di AS. India, China, dan Turki merupakan tiga negara yang memiliki banyak miliuner. Miliuner termuda di dunia dipegang Mark Zuckerberg yang baru berusia 23 tahun. Zuckerberg yang kekayaannya mencapai sekitar USD1,5 miliar merupakan pendiri jaring sosial melalui situs Facebook.( AFP/Rtr/wasis wibowo)

Iklan