Bank Central Asia (BCA) akhirnya mengungkap penyebab terganggunya sejumlah sistem ATM-nya pada Senin siang lalu (24/3/2008), yang mengakibatkan nasabah tidak bisa melakukan transaksi. Gerhana matahari diklaim menjadi penyebabnya.

Demikian disampaikan Ferry Winata, Senior Manager ATM BCA melalui e-mail kepada detikINET, Selasa (25/3/2008). Ferry mengakui ATM BCA sempat mengalami gangguan sekitar 10-20 menit. Namun, lanjutnya, dalam hal ini sistem tidak offline tetapi link komunikasi saja yang terputus beberapa saat.

Penyebab murni gangguan tersebut menurut Ferry adalah karena fenomena alam, yaitu gerhana matahari. Kejadian ini diklaim rutin terjadi setahun sekali dan biasanya di bulan Maret.

Sementara itu, ATM BCA yang mengalami gangguan adalah yang mengunakan sarana link komunikasi VSAT dan terjadi sesaat di lokasi yang mengalami gerhana matahari. Adapun jumlah ATM BCA yang terganggu bervariasi, tergantung dari grouping-nya yakni sekitar 50-100 ATM pada saat yang bersamaan.

“Tidak ada kerugian finansial nasabah akibat gangguan ini,” tandas Ferry lagi ketika ditanya detikINET tentang ada tidaknya kerugian yang dialami pelanggan.

 Sistem Error, ATM BCA Mandeg

Gangguan kembali dilaporkan terjadi di sejumlah kantor cabang Bank Central Asia (BCA) siang hari ini, Senin (24/3/2008). Para nasabah pun mengaku tidak bisa melakukan transaksi (offline).

Akibat offline-nya sistem BCA, para nasabah yang tengah mengantri pun terpaksa pulang. “Saya lagi transfer duit, tiba-tiba sistem mati. Gimana nih? Duit yang saya transfer soalnya tidak sedikit, mencapai puluhan juta,” keluh salah satu pengguna BCA di Warung Jati kepada detikINET.

Salah satu petugas BCA di Warung Jati kepada detikINET mengatakan bahwa gangguan terjadi di sejumlah kantor pusat BCA. Namun, ia belum bisa memastikan penyebabnya dan di wilayah mana saja gangguan terjadi. “Di pusat sistem ATM mati semua, serentak,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa gangguan terjadi karena sistem error dan berpengaruh terhadap aktifitas transaksi para nasabah.
( dwn / dwn )

Dari : detikINET