Antusias partai politik untuk menjadi calon peserta pemilu sudah mulai terlihat, terbukti ada satu partai yang sudah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), meskipun pendaftaran calon peserta pemilu baru dibuka pada 7 April 2008.

“Kemarin sudah ada yang daftar duluan,” kata Anggota KPU, Abdul Aziz di Kantor KPU Jakarta, Jumat seperti yang dilaporkan Antara.

Menerima “tamu” yang belum saatnya itu, Abdul Aziz menjelaskan waktu pendaftaran parpol adalah tanggal 7 April sampai 7 Mei 2008. Namun, partai bersangkutan tetap menghendaki supaya tercatat sebagai partai yang pertama mendaftar.

“Saya sudah bilang, di sini bukan panitia pendaftaran dan bukan ruangan pendaftaran. Pendaftaran pun, baru dibuka Senin (7/4),” katanya.

Meskipun begitu, akhirnya Aziz menerima lembaran berkas milik partai yang pada bagian korp beberapa lembar surat itu, bertuliskan DPP Partai Pemersatu Bangsa.

Sewa Gedung
Mengantisipasi banyaknya partai politik yang mendaftar, sempat ada wacana KPU akan menyewa gedung untuk tempat verifikasi.

Namun, Aziz menjelaskan, mekanisme sewa gedung harus ada lelang dan memerlukan waktu. Dalam peraturan untuk lelang memerlukan waktu 43 hari kerja atau sesuai Perpres Nomor 80 tahun 2007 yang memerlukan waktu 17 hari kerja.

Sementara pendaftaran partai politik peserta pemilu sudah dimulai tanggal 7/4, maka KPU sudah tidak lagi memiliki waktu untuk sewa gedung.

“Kalau ditanya kenapa tidak dari kemarin-kemarin sewanya? ya, karena anggaran belum keluar dan kita belum berani melakukan itu,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Aziz, kemungkinan besar KPU akan menggunakan kantor sendiri dengan tempat yang ada di lantai dua.

“Mungkin berikutnya, baru menyewa. Verifikasi masih panjang. Setelah verifikasi administrasi, nanti ada verifikasi faktual,” katanya.(Republika)