Account di situs social network seperti Friendster, Myspace, dan Facebook kini digunakan user untuk berbagai macam keperluan. Mulai sekadar nampang hingga berbisnis. Ofcom, lembaga independen untuk di bidang komunikasi, meneliti perilaku tersebut. Lembaga asal Inggris itu membagi para social networker ke dalam lima golongan.

Golongan pertama disebut Alpha Socializers. Mereka menggunakan situs itu untuk flirting, bertemu orang-orang baru, dan hiburan. Kelompok kedua disebut Attention Seekers. Kelompok tersebut biasanya kecanduan komentar pengguna lain. Ciri-cirinya, sering mem-posting foto dan meng-costumize tampilan social network mereka.

Ketiga, disebut Followers. Kelompok itu hanya mencari tahu apa yang terjadi pada teman-teman mereka. Yang keempat merupakan golongan Faithfuls. Yaitu, pengguna yang selalu keep in touch dengan teman-teman lama. Misalnya, sesama user dari sekolah atau universitas sama.

Golongan terakhir disebut Functionals. Yakni, pengguna yang tidak bertujuan utama mencari teman. Misalnya, berdagang. Nah, masuk dalam golongan social networker yang manakah anda? (Jawa Pos)