Mozilla secara resmi mengumumkan bahwa peluncuran aplikasi browser berbasis open-source Firefox 3 akan siap disuguhkan pada 17 Juni. Mozilla berharap pemecahan rekor terjadi pada hari yang diklaimnya sebagai Download Day tersebut.

Menurut pernyataan yang dipaparkan di website Mozilla Developer Center, seperti dilansir ZDnet, Minggu (15/6/2008), meskipun telah memakan waktu pengembangan hingga hampir tiga tahun, aplikasi ini setidaknya harus benar-benar siap pakai sebelum benar-benar diluncurkan.

“Setelah aktif lebih dari 34 bulan mengembangkan aplikasi ini, dan dengan kontribusi ribuan orang, kami sangat bangga untuk mengumumkan bahwa kami telah siap. Kami harap Firefox 3 bisa diluncurkan pada 17 Juni . Pakailah topi pestamu dan bersiap untuk download Firefox 3, browser web terbaik saat ini,” papar pihak Mozilla.

Mozilla mengaku sangat berharap untuk memecahkan rekor dunia Guinness pada hari peluncurannya sebagai aplikasi dengan download terbanyak dalam kurun waktu sehari. Hingga saat ini belum ada kategori tersebut, sehingga Mozilla akan lebih gampang menyandang rekor tersebut. Dikabarkan dalam kurun waktu 24 jam, Firefox 3 ditargetkan capai 1,6 juta kali download.

Di samping itu, Mozilla diketahui memiliki anggota komunitas sejumlah 175 juta yang terdaftar di spreadfirefox.com. Pada hari peluncurannya, seluruh anggotanya tersebut direncanakan untuk melakukan pesta download sekaligus memampang pengumuman tersebut di situs-situs dan blog. Tidak hanya itu, Mozilla juga mengatakan bahwa sekira lebih dari 43 ribu orang di Inggris telah siap men-download Firefox 3 pada hari peluncurannya..(Okezone)

Download Firefox 3.0

(D-software.org)