Oleh Erwin

Di Indonesia sekarang banyak beredar program “klik dapat duit” atau PPC (Pay Per Click) yang mirip dengan Google Adsense atau Google Adbrite. Artikel ini akan membahasnya sekilas.

Bagi netter yang masih awam terhadap program “internet advertising” ini mungkin bisa kami jelaskan secara seklias. Program ini adalah layanan iklan di web, dimana pemilik web / situs akan mendapat keuntungan bisa memasang iklan yang dimuat oleh program “internet advertising”. Jadi ini adalah program kerja sama antara pemilik web dengan pihak biro pemasang iklan. Biro iklan internet biasanya mencari client yang sesuai untuk kategori situs yang akan di-iklankan.

Beberapa situs iklan di Indonesia yang sempat kami pantau, antara lain:

1. KlikSaya.com

Situs ini dirancang mirip dengan Adbrite, dan mungkin bisa dikategorikan sebagai salah satu PPC yang cukup populer saat ini sebagai pengganti Google Adsense yang iklannya suka tidak keluar di situs Indonesia. Support pembayaran lewat bank BCA dan Mandiri (mungkin karena keduanya sudah bisa online di internet), sehingga kalau netter belum punya rekening di kedua bank ini sebaiknya membuka account untuk mempermudah proses transfer uang.

Sistem pembagian keuntungannya sendiri adalah 50:50 dari nilai iklan. Jadi apabila harga iklan yang diklik adalah Rp. 1.000, maka pemilik web akan mendapat rp. 500, jadi lumayan kan. Uang sendiri akan diterima oleh pemilik web setelah mencapai Rp. 50.000,-, yang akan ditransfer otomatis ke rekening bank.

Alamat: Villa Tomang Mas Blok C/12 Telp. 021-33034199 Jakarta Barat 11510.

2. AdMax Network

Admax adalah network yang memiliki model business yang hampir sama dengan Google Adsense. Bedanya Clients dari Google Adsense rata – rata Small Medium Enterprise (SME) sedangkan clients Admax adalah Big Brand. Berpusat di Thailand, saat ini AdMax sudah masuk ke Indonesia dan mempunyai kantor cabang di Jakarta. Admax juga berada di Singapura, Filipina, Malaysia dan Vietnam.

Alamat: Menara Karya 28th Floor Jl. H.R Rasuna Said Block X-5 Kav. 1-2, Jakarta 12950 INDONESIA – Office: +62 (0)21 5789-5837.

3. IndoFad

Situs ini juga mirip dengan Adbrite dan kliksaya.com (kok mirip-mirip semua yah?). Pada saat ini situs IndoFad masih dalam tahap beta. Kami belum mengetahui detil mengenai situs ini karena masih terbilang cukup baru, tapi sejauh ini yang kami pantau pihak marketingnya cukup rajin dan kooperatif.

Alamat: Griya Puri G4 No 22, Laguna, Pakuwon City. Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

4. PPC Indo

Satu lagi PPC dari Surabaya dibawah naungan PT. Progressive Multimedia, yang formatnya hampir sama dengan Adbrite. Pada situsnya tertulis partner dengan IndoFad. Pembayaran minuman yang kami lihat dari daftar pembayarannya adalah Rp. 10.000,-. Komisi per-kliknya yang kami pantau adalah Rp. 100,- dengan pembagian keuntungan 50:50.

Alamat: Graha Gebang Kidul Tower Building, Jl. Gebang Kidul Puskesmas 41, First Floor # Suite D-4
Surabaya – 60117, telp: 031-72628403 – HP: 081-703311775.

5. KumpulBlogger

Situs PPC ini lebih dikhususkan untuk situs blog atau para blogger Indonesia, yang mungkin situsnya ingin menghasilkan uang.

nb: Informasi situs PPC atau situs manca negara yang menawarkan uang di internet bisa dibaca di SINI

Dari berbagai sumber (Ketok.com)