The Professional Association of Teachers (PAT)—sebuah asosiasi guru di Inggris—dalam laporannya kemarin menyatakan, usia pertama kali anak masuk sekolah seharusnya enam sampai tujuh tahun.

Usia di bawah itu, menurut PAT, belum siap untuk menerima pelajaran akademik. Deborah Lawson dari PAT mengatakan, anak seharusnya memiliki kebebasan lebih untuk bermain tanpa harus disuruh melakukan ini itu oleh orang dewasa. Lawson mengklaim bahwa tidak cukup bukti anak yang memulai sekolahnya pada usia di bawah enam tahun memiliki kemampuan lebih hebat dibanding mereka yang masuk sekolah belakangan.

“Sebagai praktisi yang juga seorang ibu, saya menyaksikan banyak anak-anak yang belum cukup umur dipaksa masuk sekolah. Saya kira akan lebih baik jika anak belajar berbicara dengan cara bermain secara alami,” papar Lawson. Menanggapi klaim Lawson, Juru Bicara Departemen Anak, Sekolah, dan Keluarga Inggris mengatakan, belajardi usia lebih dini justru membuat anak mampu mengembangkan kemampuannya.

“Dengan sistem pendidikan yang menarik, anak-anak justru dapat lebih mengembangkan bakatnya. Apalagi,ke depan kita harus mendidik anak-anak agar lebih kreatif,” ujarnya. [Koran Sindo]