BOYOLALI – Kebakaran sempat melanda Taman Nasional Gunung Merbabu dan Gunung Merapi di wilayah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah.

Kebakaran di dua gunung tersebut diketahui pagi tadi namun hingga saat ini api masih terlihat membara.

Menurut Kepala Desa Tlogolele Budi Suharsono kebakaran di lereng Gunung Merapi terjadi di hutan Kejen, yang masuk wilayah Desa Telogolele.

Dia menduga api berasal dari pembakaran rumput kering di sekitar lokasi oleh warga. Namun siapa yang membakar belum diketahui.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Jumat (8/8/2008) kepulan asap masih terlihat membumbung sebuah punggung bukit di lereng Gunung Merapi dekat aliran lahar Kali Apu. Lahan semak yang terbakar diperkirakan lebih dari lima hektare. Wilayah hutan di atas gunung Merapi memang terlihat kering.

Sementara itu kebakaran juga terjadi di Taman Hutan Gunung Merbabu. Kebakaran terjadi di sekitar sumber air Tuk Babon wilayah Desa Selo, Kecamatan Selo.

Menurut Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Untung Suprapto, kebakaran di sekitar Tuk Babon ini sekarang berhasil dipadamkan. Luas lahan yang terbakar sekira 2 hektare.

Namun di balik bukit lainnya, tak jauh dari Tuk Babon, kini muncul titik api baru. Kepulan asap tebal cukup tebal terlihat, sehingga warga dan Masyarkat Peduli Api yang sudah turun usai memadamkan api di Tuk Babon akhirnya kembali naik ke lereng gunung untuk menjangkau titik api. (Okezone)