Kekayaan kalangan muda tak bisa lagi dianggap sebelah mata. Daftar orang terkaya di dunia versi Forbes buktinya. Jika selama ini angka kekayaan mereka itu berbanding lurus dengan usia –dari 1.125 orang yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes rata-rata berusia 61 tahun– dalam beberapa tahun yang akan datang ada perubahan karena Forbes telah mendaftar orang muda yang mempunyai potensi tersebut.

Pasangan muda Michael Birch dan Xochi berada dalam daftar teratas calon orang terkaya di dunia. Awal tahun ini, pasangan tersebut baru saja menjual situs pertemanan miliknya, Bebo, kepada AOL dengan harga USD 850 juta (sekitar Rp 7,82 triliun). Mereka meraup keuntungan sebesar USD 600 juta (sekitar Rp 5,52 triliun). Angka tersebut sangat menggiurkan bagi banyak orang, terutama untuk Michael dan Xochi, yang baru berusia 38 dan 36 tahun.

Kandidat lainnya adalah Tiger Woods yang baru berusia 32 tahun. Forbes memperkirakan Tiger bakal masuk dalam daftar orang-orang terkaya di dunia pada 2011. pasalnya, dia baru saja kembali bertanding setelah mengalami cedera lutut. Artinya dia bisa kembali mengumpulkan pundi pundi emasnya. Sekarang ini saja, Tiger tengah menegosiasikan tawaran kerjasama dengan nilai yang amat besar.

Roelof Botha juga menjadi orang yang patut diperhitungkan. Pria berusia 34 tahun yang bekerja di Sequoia Capital itu mendapat keuntungan yang besar karena menjadi transaksi YouTube yang ditanganinya. Transaksi itu menjadikan Sequoia meraup keuntungan hingga 65 lipat. Perusahaan yang sama juga mempekerjakan Michael Moritz yang sudah lebih dulu diakui sebagai orang terkaya di dunia.

Ada juga yang masih berusia 28 tahun tapi menjadi orang terkaya di Thailand. Dialah Nishita Shah. Dia masuk dalam daftar karena bisnis keluarganya yang menggurita. Bulan lalu diperkirakan kekayaannya mencapai USD 375 juta (sekitar Rp 3,45 triliun). Gadis cantik ini tidak hanya dikenal sebagai model yang kerap menghiasi sampul majalah di Thailand. Tapi dia juga tengah mempersiapkan produk fesyen miliknya sendiri.

Daftar calon orang terkaya di dunia yang dirilis Forbes kemarin juga memasukkan nama Tyler Perry. Nama yang sama juga masuk dalam daftar 100 selebritis terkaya versi Forbes tahun lalu. Kekayaan pria 38 tahun itu ditaksir mencapai USD 125 juta (setara Rp 1,15 triliun). Perry yang memproduksi, menyutradarai dan berakting di produksinya, memiliki kekayaan lebih banyak dibandingkan total harta Jennifer Aniston, Tom Cruise, dan Bon Jovi.

Berbagai macam latar belakang para tokoh itu menunjukkan jika potensi orang terkaya di dunia bisa muncul dimana saja. Namun, satu persamaan yang mereka miliki. Meski harta mereka bertumpuk-tumpuk dan cukup untuk hidup hingga tua, tapi mereka tidak mau berdiam diri. Bahkan, mereka terus ingin mencoba berbagai bisnis baru dengan alasan menghindari kebosanan.

Birch misalnya. Setelah beristirahat sejenak usia menjual situs Bebo miliknya, bapak dua anak ini mulai melirik bisnisnya yang lain. Yakni situs BirthdayAlarm.com, yang mereka miliki sejak 2001 tapi terbengkalai karena mereka lebih berkonsentrasi pada Bebo. “Mungkin sekarang waktunya kami beri situs tersebut sedikit sentuhan cinta,” katanya lantas tersenyum.

Elon Musk adalah tokoh yang tidak hanya muda dan sukses tapi juga penuh dengan rencana. Ketika berusia 27 tahun itu mengantongi keuntungan USD 22 juta (sekitar Rp 202,4 miliar) setelah menjual perusahaan dotcom miliknya, Zip2. Dia pun terlibat dalam pembuatan PayPal, prosesor pembayaran online. Ketika Paypal dijual ke eBay, dia menerima USD 170 juta (sekitar Rp 1,56 triliun) dalam bentuk saham yang nilanya terus meroket. (Jawa Pos)