Pengurus Harian Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar telah menyampaikan dihadapan Jamaah Shalat Tarawih Masjid Agung Al-Agung Al-Azhar yang menetapkan bahwa 1 Syawal 1430 Hijriyah/2009 Masehi akan jatuh hari Ahad, 20 September 2009 Masehi. Keputusan diambil oleh Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar dengan memperhatikan Hasil Hisab yang dikeluarkan oleh Departemen Agama Republik Indonesia dan Ormas-Osmas Islam tentang 1 Syawal 1430 Hijriyah/2009 Masehi.

Sementara itu, Masjid Agung Al-Azhar akan menyelenggarakan shalat ‘Ied, dilapangan Masjid Agung Al-Azhar dengan khotib Prof.Dr.H.Miftah Faridl (Ketua MUI Kota Bandung), dan bertindak sebagai  Imam Drs.H.Buchari Muslim SQ. Keputusan penetapan 1 Syawal itu oleh Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar, berdasarkan SK Pengurus Harian YPIA No.21/!X/KEP/YPIA/1430 Hijriyah, tertanggal 4 September 2009.

Tentu, nantinya diharapkan tidak adanya perbedaan antara hasil hisab yang dikeluarkan oleh Departemen Agama Republik Indonesia bersama dengan Ormas-Ormas Islam dengan pemerintah yang masih menunggu hasil ru’yah untuk menetapkan jatuhnya 1 Syawal 1430 Hijriyah. Kaum muslimin mengharapkan tidak akan adanya perbedaan antara perhitungan hisab dengan ru’yah, sehingga seluruh kaum muslimin dapat melaksanakan shalat ‘Ied bersama, tanpa perbedaan, termasuk di Indonesia.

Dan, sebagian besar  berdasarkan hisab di berbagai negara termasuk Dewan Muslim Eropa, yang melakukan hisab, telah pula mengumumkan bahwa 1 Syawal 1430 Hijriyah akan jatuh pada 20 September 2009 Masehi. (lihat Dr.Rinto Nugraha tentang hisab 1 Syawal).

Sumber : Eramuslim