Menara MasjidUmat Islam harus mempertimbangkan untuk menarik uang mereka dari rekening bank Swiss sebagai respon atas pelarangan pembangunan menara di Swiss, seru Menteri Luar Negeri Turki. “Saya yakin seruan ini akan mendorong saudara-saudara kita dari negara-negara Muslim yang menyimpan uang dan investasi di bank Swiss untuk meninjau kembali keputusan mereka,” kata Egemen Bagis, dikutip harian Turky Zaman.

Bagis merupakan Kepala Diplolat dari Turkey’s European Union accession serta menteri urusan luar negeri Eropa.

“Pada tahun 2008, ketika bank-bank seluruh dunia berjatuhan, tidak ada bank di Turki yang terkena dampaknya, dan pintu sistem perbangkan Turki terbuka lebar bagi mereka,” kata Bagis

Presiden Turki Abdullah Gull pada hari Selasa mengatakan bahwa reperendum di Swiss bertentangan dengan hak-hak asasi dan kebebabasan manusia.

Komentar-komentarnya digemakan oleh perdana mentri Recep Tayyip Erdogan yang menambahkan bahwa itu merupakan keputusan buruk bagi Swiss untuk menyelenggarakan referndum.

Pada akhir pekan lalu, mayoritas pemilih Swiss mendukung sebuah pelarangan pembangunan menara di negara tersebut.

Lebih dari 57 persen pemilih serta 22 dari 26 wilayah Swiss memilih mendukung pelarangan, meskipun pemerintah menentang gerakan tersebut, dan mengatakan itu akan merugikan citra negara Swiss. [aa/aki]

Sumber : Voa-Islam